Kemendikbud Gelar Festival Literasi Sekolah

SINARBANTEN.COM, Jakarta -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah (FLS) mulai 28 hingga 31 Oktober 2018. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-2 kalinya dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda. Adapun FLS yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017.

Dirjen Dikdasmen, Hamid Muhammad, jumpa pers, di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018) menjelaskan, FLS merupakan perayaan literasi yang mewadahi warga sekolah yaitu siswa, guru dan kepala sekolah, penggiat literasi, pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akademisi, penerbit, lembaga mitra, dan orang tua dalam sebuah forum bersama.

“Ada tiga tujuan yang ingin dicapai selama pelaksanaan FLS. Pertama, menciptakan gerakan masif perayaan literasi dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca siswa pada level tertinggi. Kedua, menggugah kesadaran masyarakat bahwa literasi adalah bagian dari hidup keseharian. Ketiga, membangun pembelajar sepanjang hayat,” jelas Hamid.

Selanjutnya Hamid menambahkan, acara tahunan ini diikuti partisipan dari berbagai unsur, yaitu sekolah, direktorat teknis di lingkungan Ditjen Dikdasmen, unit utama Kemendikbud, mitra kementerian/lembaga, mitra Pemda, komunitas literasi, penerbit, dan mitra CSO (Unicef, Inovasi Kaltara, Tanoto Foundaion, The Asia Foundation).

Kegiatan FLS dibagi menjadi empat. Pertama, pembukaan FLS yang dipusatkan di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud Senayan Jakarta pada Minggu pagi (28/10/2018). Kedua, pameran literasi yang berada di area Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Ketiga, Festival Literasi di dalam area Plaza Insan Berprestasi dan Perpustakaan Kemendikbud, berupa kegiatan diskusi interaktif, pelatihan literasi, peluncuran buku, dan pemutaran film.

Keempat, Lomba Literasi yang dikoordinasi oleh masing-masing direktorat teknis di lingkungan Ditjen Dikdasmen.

Lomba dilaksanakan di beberapa lokasi sekitar Jabodetabek. Direktorat Pembinaan SD menyelenggarakan lomba menulis cerpen, baca puisi, cipta pantun, cipta syair, dan mendongeng.

Adapun Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan lomba cipta cerpen, cipta puisi, story telling, dan debat Bahasa Indonesia.

Sedangkan Direktorat Pembinaan SMA menyelengarakan lomba cipta cerpen, cipta syair, dan cipta komik. Sementara itu, Direktorat Pembinaan SMK menyelengarakan lomba cerita kearifan lokal vokasi nusantara, sudut baca vokasi, cipta buku elektronik tokoh vokasi nusantara, dan vokasi moda literasi bergerak.

Direktorat Pembinaan PKLK menyelenggarakan lomba bercerita dan baca puisi, sinopsis, cipta komik strip, cipta dan baca puisi, serta penulisan kreatif. *[ TI ] ??