PEMKOT SERANG: 50 Hektar Lahan Sawah Tidak Produktif Akan Ditanami Bawang Merah

SINARBANTEN.COM, Serang – Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten sedang melakukan pemetaan dan melihat lahan sawah yang sudah tidak produktif untuk ditanami bawang. Adapun target lahan sawah tersebut diperkirakan mencapai 50 hektare.

“Sebenarnya kami sedang melakukan pemetaan, kami sedang melihat kondisinya apakah ada lahan sawah yang dimungkinkan untuk ditanami bawang lagi, karena kami ingin lebih dari 12 hektare, kami targetkan 50 hektare,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Serang, Sony August, Jumat (19/1/2024).

Selanjutnya Sony mengatakan, apabila tahun ini bisa memiliki 50 hektare lahan tanaman bawang merah maka dapat menghasilkan panen sekitar 50 ton bawang merah. Jika dalam tiga bulan produksi, dalam satu tahun bisa empat kali panen dengan perolehan sekitar 200 ton, sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Serang.

“Penanaman bawang merah ini di Kecamatan Kasemen ini dapat dikembangkan, sehingga produksi melimpah dan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Serang,” jelasnya.

“Saat ini hasil panen bawang merah baru sebanyak tujuh ton di lahan seluas tujuh hektare di Kelurahan Sawah Luruh, Kasemen, Kota Serang, yang dikembangkan oleh kelompok tani,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏