Berapakah Upah Honorarium Paskibraka Nasional?

SINARBANTEN.COM, Serang – Baru saja kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. HUT RI tersebut dilakukan dengan cara upacara, seperti di sekolah, instansi pemerintah, hingga istana negara.

Pada upacara tersebut ada proses pengibaran hingga penurunan bendera merah putih yang dilakukan oleh tim khusus. Tim tersebut dikenal sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Anggota Paskibraka merupakan putra-putri terbaik dari masing-masing provinsi lewat proses seleksi. Usai perayaan, mereka akan mendapatkan upah honorarium. Berapakah gaji atau honor Paskibraka?

  1. Gaji Paskibraka Nasional
    Honor atau gaji yang diterima oleh Paskibraka nasional diperkirakan sebesar Rp 3-10 juta. Selain itu, mereka juga berpotensi mendapatkan bonus atas kinerjanya.

Tahun 2022, PT Pegadaian mengapresiasi Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2022 yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara pada perayaan HUT RI ke-77. Pegadaian memberikan beasiswa berupa Tabungan Emas dengan total nilai sebesar Rp 248 juta.

Tabungan Emas tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah kepada Deputi Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina dan perwakilan Tim Paskibraka asal Kalimantan Timur Muhammad Remyza Baihaqi.

Sebagai informasi, beasiswa tabungan emas Rp 248 juta tersebut akan diberikan kepada 68 anggota Paskibraka dan 44 orang pelatih. Masing-masing anggota Paskibraka mendapat Tabungan Emas senilai Rp 3 juta dan para pelatih masing-masing senilai Rp 1 Juta.

Tahun 2017, Paskibraka tingkat nasional mendapat beasiswa pendidikan senilai Rp 165 juta. Beasiswa ini salah satu bentuk Corporate Social Responsibility yang diberikan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Dikutip dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memberikan hadiah beasiswa, uang pembinaan, laptop dan ponsel baru kepada Kirei Na Hana Ramadhani, siswi SMA Negeri 2 Pareyang terpilih menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional.*[ Redaksi SB ]