SURVEI BPS: Banten Jadi Provinsi Paling Tak Bahagia Di Tahun 2021

SINARBANTEN.COM, Serang – Melalui hasil survei nya, Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengeluarkan indeks kebahagiaan di Provinsi Banten mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017, dari 69,83 ke 68,08 pada 2021.

Dalam penghitungan indeks kebahagiaan provinsi-provinsi tersebut BPS menggunakan tiga dimensi, yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia).

Menanggapi hal itu, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mempertanyakan keabsahan hasil survei BPS tersebut.

“Saya ingin cek, itu data masih tahun 2021. Lalu saya sedang mempertanyakan metodologinya oleh BPS itu, yang ditanya siapa sebagai respoden menyatakan tidak bahagia itu siapa?,” kata Al Muktabar kepada wartawan di Gedung Samsat Kota Serang. Jumat (23/9/2022).

“Kami akan terus berusaha untuk membuat program-progran yang menyentuh masyarakat langsung kedepan. Saya pikir (masyarakat) harus bahagia karena bahagia itu konsep dasarnya ada di hati, happiness. Kebahagian itu tempatnya ada di hati. Hari ini kita nyatakan (pembagian BLT) bagian di antara usaha untuk bahagia bersama,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏