Hadiri Kegiatan Kendi Nusantara, Wagub Banten Bawa Tanah Baduy Dan Air Tirtayasa

SINARBANTEN.COM, Serang – Menghadiri undangan Presiden yang akan menggelar kegiatan Kendi Nusantara di IKN Kalimantan Timur, Wakil Gubernur Andika Hazrumy yang mewakili gubernur Banten membawa tanah Wiwitan Baduy dan tanah di Keraton Surosowan untuk dibawa ke IKN Nusantara.

Tanah dari Baduy dan Surosowan dibawa dengan tembikar. Sedangkan air dibawa dalam sebuah kendi yang nanti akan digabung di satu kendi khusus bernama Kendi Nusantara.

Pilihan tanah dan air yang dibawa Pemprov Banten memiliki alasan masing-masing. Baduy adalah daerah adat khas di Banten dengan karakteristik dan tugas penjaga alam.

Sedangkan tanah dari Keraton Surosowan menandakan bahwa keraton itu sebagai cikal bakal perkembangan Banten hingga era sekarang.

“Air yang diambil dari kawasan Tirtayasa mengingat sejarah perairan di Banten sangat masyhur pada era Sultan Ageng Tirtayasa membangun sistem pengairan persawahan di kawasan tersebut,” terang Andika, Serang, Minggu (13/3/2022).

Pengambilan sampel sudah dikonsultasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Secara spesifik, ketiganya mencerminkan akar dan sejarah Provinsi Banten.

Para gubernur nanti akan berkumpul di geodesi IKN Nusantara pada Senin (14/3) besok. Tanah yang dibawa akan digabung ke Kendi Nusantara. Dan di sana Para kepala daerah akan mendapatkan pengarahan langsung dari presiden. *[ Redaksi SB ]🙏🙏