Mulai Tahun 2022, Perekrutan CPNS Ditiadakan, Diganti PPPK

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Hingga tahun 2022, pemerintah tidak akan membuka perekrutan CPNS. Tahun 2022 mendatang, pemerintah akan akan membuka seleksi seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) saja. Jadi Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 jangan kendor mempersiapkan kemampuan untuk mengikuti berbagai tahapan seleksi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan hal yang sama. Ia menyampaikan, pengadaan calon ASN tahun 2022 hanya untuk formasi PPPK.

“Pengadaan ASN Tahun 2022 dilakukan hanya untuk PPPK,” ujar Tjahjo.

Dijelaskan, tahun ini rekrutmen PPPK untuk formasi guru dibuka untuk 1.000.000 formasi. Namun setelah melalui seleksi, hanya ada 507.848 formasi guru PPPK. Sehingga, sisa formasi yang ada akan dibuka kembali di tahun depan, untuk diusulkan oleh pemerintah daerah (Pemda).

Formasi guru agama di sekolah negeri akan dibuka pada pengadaan ASN tahun 2022, sebab tahun ini hanya dialokasikan sekitar 22.000 formasi. Sementara untuk formasi guru PPPK, kemungkinan dialokasikan bagi THK-II yang memenuhi syarat dengan kebijakan afirmasi lebih berpihak kepada guru THK-II dibandingkan guru honorer lainnya.

“Misalnya dengan tidak mensyaratkan seleksi kompetensi teknis, atau cukup dengan seleksi kompetensi manajerial, sosiokultural, dan wawancara sehingga peluang kelulusannya sangat besar,” ujar Tjahjo. *[ Redaksi SB ]🙏🙏