Mentan Dorong Anak Muda Menjadikan Bertani Sebagai Profesi

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Saat peluncuran Tani Foundation dari TaniHub, Sabtu (26/6/2021), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap anak muda dapat terjun ke sektor pertanian.

“Sektor pertanian merupakan pilar utama kekuatan yang terbukti menjadi penyelamat ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Kehadiran Tani Foundation juga sesuai dengan harapan yang ada karena sudah terintegrasi dengan bisnis maupun aspek sosial lainnya,” terang Syahrul.

Menurut Syahrul, langkah TaniHub dalam menangani aspek sosial pertanian menjadi sesuatu kebutuhan tuntutan sekaligus harapan kita selama ini. Apalagi pertanian adalah kekuatan dan pilarnya bangsa.

“Dengan hadirnya Tani Foundation dapat memberi angin segar sekaligus kabar baik bagi kemajuan sektor pertanian Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong agar anak muda dapat menjadikan bertani sebagai profesi,” harap Syahrul.

Saya percaya, kata Syahrul, besok kita memiliki kekuatan pertanian yang tidak kalah hebat dari negara apa pun. Karena itu, Tani Foundation memiliki artikulasi bagi negara dan dimensi sosial yang tentu saja mendorong anak-anak muda menjadikan pertanian sebagai profesi terhormat.

Senada, Rektor IPB, Arif Satria mendorong Tani Foundation untuk melakukan percepatan transformasi pertanian 4.0.

“Tani Foundation juga diharapkan bisa menjawab segala tantangan dan persoalan aspek bisnis dan aspek sosial. Karena kita hari ini dihadapkan dengan persoalan dimana bisnis dan sosial belum menyatu. Kedua, kita harus melakukan percepatan transformasi pertanian 4.0 sebagai pertanian yang makin maju, mandiri, dan moden,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏