Pemkot Tangsel Gelar Festival Durian Dan Siapkan 1.000 Durian Gratis

SINARBANTEN.COM, Tangsel – Mulai hari ini, Sabtu (1/2/2020) hingga besok, Minggu (2/2/2020) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel bekerjasama dengan Pemprov Banten melaksanakan festival durian di Go Food Festival The Flavor Bliss Alam Sutera, Ring O, Kota Tangsel.

Adapun tujuan pelaksanaan festival durian kali ini adalah dalam upaya penyelamatan sumber daya genetika durian Banten serta menjaring durian-durian Banten terbaik. Selanjutnya durian terbaik Banten tersebut yang akan didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas dan selanjutnya diupayakan menjadikan Varietas Unggul Nasional.

Pada festival durian ditampilkan durian-durian terbaik dari Banten yang akan dilombakan dan dijual. Selain itu, juga akan disiapkan sebanyak 1.000 durian yang bisa disantap atau dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

“Festival Durian Banten telah terselenggara sejak tahun 2015 lalu serta telah menghasilkan beberapa durian yang layak diunggulkan dalam ajang nasional. Pada hari ini, ada acara lomba, kontes durian dan olahan. Bagi masyarakat yang mau makan durian, kami juga menyiapkan 1000 butir durian gratis, “kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid.

Pada jumpa persnyadi Serang, Jumat (31/1/2020), Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan bahwa durian-durian dari Banten secara kualitas mampu bersaing dengan durian-durian lokal dari daerah lain bahkan luar negeri. Selain memiliki kekhasan dalam setiap jenisnya, jenis-jenisnya pun beragam dengan bentuk, tekstur hingga rasa yang juga beragam.

“Kita patut berbangga Banten memiliki kontur tanah yang subur dan potensial untuk ditanami apapun, termasuk durian dengan kualitas yang sangat baik. Dan kita ingin lebih banyak orang bisa merasakan dan tahu akan potensi yang kita miliki,” kata Wahidin Halim.

Sebagai informasi, Provinsi Banten terkenal sebagai salah satu sentra durian pada masa lalu. Bahkan, ada ratusan kampung di Kabupaten Pandeglang dan beberapa kampung di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang yang menggunakan nama kadu (bahasa sunda dari durian) untuk daerahnya. Seperti Kadu Gajah, Kadu Panjang, Kadu Ngora, Kadu Ketug dan masih banyak lainnya. Tidak hanya sekedar nama, namun buah durian memang menjadi salah satu potensi perkebunan strategis di Banten. *[ JM ] ??