Meski Gelombang Pasang Dan Hujan Deras, Produksi Ikan Asin Di Labuan Melimpah

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Dalam beberapa hari ini keadaan cuaca di pantai Labuan menghadapi musim angin barat yang disertai gelombang pasang dan hujan deras. Namun hal tersebut tidak berpengaruh terhadap Produksi ikan asin.

Sesuai pengamatan Sinar Banten di kawasan tempat pelelangan ikan (TPI) Labuan I, Pandeglang, Banten produksi ikan asin tetap melimpah.

Salah seorang perajin ikan asin di TPI Labuan I Pandeglang, Emar mengungkapkan, hingga kini masih memproduksi ikan asin dan bisa memenuhi permintaan konsumen. Produksi tangkapan nelayan cukup melimpah,sehingga mampu memproduksi satu sampai dua ton/hari ikan asin, “katanya, Rabu (25/12/2019).

Emar mengatakan bahwa konsumen dari berbagai daerah di Provinsi Banten bisa terlayani untuk permintaan ikan asin sebab nantinya dijual kembali untuk mencari keuntungan. Kami sejak tiga bulan terakhir tidak kesulitan untuk mendapatkan pasokan ikan dari nelayan.

Menurut dia, menjual ikan asin mulai Rp25.000 sampai Rp50.000/kilogram dengan jenis ikan kacang-kacangan, tembang, banjar dan layur. Saat ini, populasi tangkapan ikan itu cukup melimpah, sehingga mampu memproduksi ikan. Kami hari ini mendapatkan ikan dari nelayan sebanyak 30 karung.

Di tempat yang berbeda, Siti Rohmah
wanita perajin di TPI Labuan I Pandeglang, mengaku dirinya memproduksi ikan asin dendeng dan sudah dipesan oleh pedagang besar di DKI Jakarta. Harga ikan asin dendeng dijual Rp150.000/kilogram, karena memiliki mutu dan kualitas.

“Para konsumen lah yang datang ke sini sudah menjadi langganan sehingga tidak kesulitan untuk memasarkan ikan asin dendeng. Kami hari ini memasok ikan asin dendeng ke Jakarta sebanyak satu ton. Kami pasca-bencana tsunami setahun lalu produksi ikan melimpah dan terpenuhi permintaan konsumen,” katanya.

Berdasarkan pantauan Sinar Banten di TPI Labuan I Pandeglang para nelayan masih melakukan kegiatan melaut dan banyak kapal nelayan yang bersandarkan setelah melaut.

Bahkan, transaksi pelelangan ikan cukup ramai dan para nelayan sibuk mengangkut ikan-ikan hasil tangkapan. *[ AA ] 🙏🙏