Jelang Pilkada Solo 2020, Gerindra Berencana Pasangkan Putra Jokowi dengan Cucu Bung Karno

SINARBANTEN.COM, Solo – Pilkada serentak 2020 sudah semakin mendekat. Semua partai sudah mulai mempersiapkan calon kepala daerahnya, termasuk Partai Gerindra yang sudah berencana meminang cucu Bung Karno, Paundrakarna, untuk maju dalam Pilwalkot Surakarta 2020. Paundra diwacanakan berpasangan dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Ketua DPC Gerindra Kota Solo Ardianto Kuswinarno menilai pria bernama lengkap GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara itu cocok jika dipasangkan dengan putra Presiden Joko Widodo.

“Keduanya sama-sama masih muda. Mas Paundra seorang seniman-budayawan, sedangkan Mas Gibran pengusaha sukses. Saya kira keduanya bisa membawa Solo lebih maju tanpa meninggalkan budaya,” ujar Ardi, Selasa (29/10/2019).

Paundra, selain dikenal sebagai artis, pernah menjadi politikus PDIP. Putra KGPAA Mangkunegoro IX dan Sukmawati Soekarnoputri itu pernah menjadi anggota DPRD di Solo. Namun, di tengah jalan, dia dicopot karena dinilai kurang aktif di kegiatan DPRD.

“Paling tidak Mas Paundra ini memiliki pengalaman politik. Jadi setidaknya bisa cepat belajar walaupun pasti ada kekurangannya,” ujar dia.

Menurutnya, hal ini masih sebatas wacana. Terkait partai yang akan mengusung, Ardi mengatakan koalisi parpol saat ini masih cair.

Gibran masih memiliki peluang diberi rekomendasi oleh DPP PDIP. Sementara itu, Gerindra, yang memiliki 3 kursi di DPRD Surakarta, harus berkoalisi dengan parpol lain untuk bisa mengusung calon.

“Sosok Paundra ini adalah wacana DPC Gerindra yang akan kami usulkan ke pusat. Dalam waktu dekat kami akan menemui beliau di (istana) Mangkunegaran untuk berkomunikasi lebih intens. Soal koalisi itu masih jauh, yang pasti kami terus berkomunikasi dengan partai lain,” tutupnya. *[ AA ] ??