Ratusan Usia Produktif di Kota Serang Terdeteksi HIV/AIDS

SINARBANTEN.COM, Serang – Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Serang Ahmad Budiman mengatakan ratusan usia produktif di Kota Serang terdeteksi mengidap HIV/AIDS. Dari data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Serang tercatat ada 128 penderita HIV dan 183 penderita AIDS tersebar di seluruh Kecamatan. Untuk membantu dalam proses penyembuhan penderita HIV/AIDS pihaknya selalu memberikan pendampingan.

“Di Kota Serang, ada dua lembaga pendamping bagi yang terinfeksi HIV/AIDS satu dari yayasan Kotex Mandiri Jakarta satu lagi bentukan dari KPA Banten. Selain memberikan obat, para pendamping juga memberikan support baik kondisi psikologis maupun psikisnya. Selain itu ada juga ada pertemuan seminggu sekali bernama orda meeting, “ungkap Budiman, Kamis (3/10/2019).

Budiman menambahkan, dalam pengobatan kita juga berikan obat antiretroviral (ARV) untuk menahan virus, setelah minum obat itu banyak yang bertahan.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) kota Serang Ade Jumaiyah Syafrudin berpesan kepada masyarakat Kota Serang untuk tidak menjauhi apabila ada tetangga terinfeksi HIV/AIDS.

“Saya berharap kepada warga Serang agar jangan menjauhi bila ada warga yang terkena AIDS/HIV. Karena mereka bisa minder dan stres, bukannya sembuh penyakitnya semakin parah. Jadi harus dikasih hiburan agar semangat hidup,” ucapnya. *[ AA ] 🙏🙏