RSUD Malingping Akan Jadi Fasilitas Kesehatan Rujukan di Banten Selatan

SINARBANTEN.COM, Malingping – Kini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping berada dalam persiapan untuk naik kelas dari C ke B. Pada kelas tersebut, RSUD Malingping akan menjadi fasilitas kesehatan rujukan dan bisa memberikan layanan kesehatan bagi warga wilayah Banten Selatan.

Ati Pramudji Hastuti Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mengatakan, kenaikan kelas RSUD Malingping dibutuhkan masyarakat, khususnya wilayah Banten Selatan. Selain meningkatkan kelas RSUD Malingping, pihaknya juga akan membangun RSUD Cilograng yang kelasnya langsung berada di kelas C.

“Untuk RSU (Cilograng) biasa rencana untuk tahapan (awal) adalah tipe C yang awalnya D. Akan kita naikan karena nanti setelah Cilograng itu sudah selesai maka nanti RSUD Malingping akan kami naikan,” katanya.

Kemudian Ati menjelaskan, targetnya RSUD Cilograng bisa beroperasi bersamaan dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banten yakni pada 2021. Program prioritas gubernur ada tiga, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, pendirian rumah sakit di Cilograng yang juga kecamatan berbatasan dengan Jawa Barat ini diharapkan bisa melayani kesehatan warga di perbatasan dengan Jawa Barat. “Bisa menampung wilayah perbatasan Banten dan Jawa Barat,” katanya.

Selama ini, kekurangan pelayanan kesehatan membuat warga perbatasan kerap berobat ke wilayah Jawa Barat. “Jadi kami sudah buat studi untuk bagaimana menarik masyarakat agar tidak berobat ke Jawa Barat, tapi di wilayah Provinsi Banten,” ujarnya. *[ AhS ] ??