Pemkab Pandeglang Jadikan Area Sekitar Gedung Juang Sebagai Pusat Kuliner

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Bertepatan pada HUT RI ke 74, Sabtu (17/8/2019), Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban meresmikan pusat kuliner itu yang berlokasi di Jalan Raya Bank Banten Pandeglang.

Sejak resmi beroperasi pusat wisata kuliner gedung juang ini, merupakan lokasi baru yang disiapkan pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di sekitaran Alun-alun kota pandeglang.

Bupati Pandeglang Irna Narulita saat meresmikan pusat kuliner tersebut mengungkapkan kegirangannya karena impiannya mempunyai pusat kuliner yang layak dan bersih
telah menjadi kenyataan. “Dengan diresmikannya pusat wisata kuliner ini dapat menumbuhkan perekonomian baru di masyarakat dan memberikan rasa tenang dan nyama pada para pedagang kaki lima. Saya tahu, sebelumnya para PKL yang berjumlah 60 pedagang ini harus kucing-kucingan dengan para penegak Perda yakni Satpol PP saat berdagang di alun-alun pandeglang, “ungkapnya.

Masih kata Irna, sebenarnya disana bukan tempat untuk jualan, disini lebih bersih dan layak, nanti akan tumbuh perekonomian baru sehingga tidak ada lagi identik PKL itu kumuh.

Di tempat yang terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM, Andi Kusnardi mengatakan, para PKL yang baru direlokasi ini sementara waktu tidak dipungut biaya, sampai lokasi yang baru dibangun ini ramai pengunjung.

“Sementara ini mereka yang berjualan disini tidak dipungut biaya dulu sampai jualan disitu berjalan dan rame pembeli kurang lebih 2-3 bulan,”katanya.

Andi berharap para PKL bisa betah dan berkembang usahanya dan selalu menjaga kekompakan, kebersihan dan keindahan di Pandeglang.

Perlu diketahui, anggaran yang digunakan untuk membangun pusat kuliner ini berasal dari anggaran dana Corporate Social Responsibility (CSC) Bank Jabar Banten (bjb) sebesar Rp. 244.622.000. *[ AS ] ??