WAHIDIN: Masyarakat Banten Harus Bisa Membangun Banten dan Indonesia

SINARBANTEN.COM, Serang – Pada Jumat (16/8/2019) sehari jelang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, di ruang rapat paripurna, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan harapannya untuk Banten agar masyarakat Banten bisa membangun kesadarannya akan kemerdekaan sebuah bangsa.

“Harapan yaitu setiap warga Banten bisa membangun Banten. Sadar sebagai warga negara, sadar hukum, sadar sosial, juga sadar bahwa kemerdekaan itu harus diisi oleh pembangunan,” harap Wahidin.

Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Banten Wahidin berkesempatan untuk mendengarkan secara langsung Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Turut hadir Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Sekretaris Daerah Pemprov Banten Al Muktabar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Banten, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten.

Menurut Wahidin, sebagaimana yang disampaikan oleh presiden, perubahan-perubahan di masa teknologi. Untuk iti, kita juga tidak boleh tertinggal secara teknologi. “Membangun sistem yang harus memudahkan rakyat. Karena sesungguhnya kemerdekaan itu ialah kedaulatan rakyat,” ungkapnya.

Ditanya pendapatnya tentang pemindahan ibukota, Wahidin berpendapat hal tersebut sudah menjadi kajian yang cukup lama.
“Saya sebagai Gubernur Banten, memberikan dukungan sepenuhnya. Saya meyakini apa yang diputuskan oleh Presiden itu adalah pilihan yang terbaik, baik dari segi geografis, geopolitik, dan pemerataan pembangunan,” kata Wahidin.

Menurutnya, Pidato Presiden RI yang tayang secara live di TVRI dan ditonton di seluruh provinsi Indonesia termasuk Banten. “Itu adalah kehebatan TVRI sebagai milik rakyat dan untuk rakyat dalam memberikan informasi tekait pemerintah kepada rakyat. Juga sebaliknya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah mengatakan, menyimak perjalanan panjang sejarah Indonesia yang telah berusia 74 tahun sejak merdeka Bangsa Indonesia telah menerapkan suatu paradigma nasional dalam upaya memecahkan berbagai persoalan negara yang dihadapi.

Paradigma nasional yang dimaksud adalah Pancasila sebagai landasan ideologi dan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara sebagai wawasan visional. Pada HUT Kemerdekaan RI ke-74 kali ini, mengambil tema “SDM Unggul Indonesia Maju.”

Kata Asep, memasuki tahun ke 19, Provinsi Banten telah banyak mencanangkan dan melaksanakan berbagai program pembangunan.

“Kita terus berupaya meningkatkan berbagai sektor pembangunan yang dilandaskan kepada kebijakan umum yang dituangkan dalam APBD yang dibahas bersama-sama antara Pemerintah dan DPRD sesuai Rencana Strategis Provinsi Banten sesuai RPJMD Provinsi Banten 2017-2022,” ungkap Asep. *[ AM ] ??