Kejari Pandeglang Selidiki Dugaan Pemotongan Dana Hibah Untuk Pesantren dan Madrasah

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Kepala┬áKejari Pandeglang, Nina Kartini mengungkapkan, Kejaksaan Negeri Pandeglang saat ini tengah mendalami kasus dugaan korupsi dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2017-2018 yang dikelola Kementerian Agama (Kemenag) Pandeglang.

Dalam peruntukan dana hibah dari Kemenag itu bersumber dari APBD Pandeglang ada indikasi tidak sampai dan pemotongan. Sebenarnya dana hibah tersebut diperuntukkan bagi pesantren-pesantren dan Madrasah Aliyah (MA) atau sekolah swasta. Saat ini dugaan itu tahap penyidikan,” jelas Nina, Rabu (24/7/2019).

Kejari Pandeglang, lanjut Nina, sudah banyak memanggil para pihak dari sekolah swasta untuk dimintai keterangan soal benar atau tidaknya ada aliran uang yang diberikan dipotong pihak Kemendag.

“Sudah banyak pihak swasta yang kami panggil, untuk dimintai keterangan. Kami saat ini masih sedang mendalami kaitan kebenaran ada aliran uang yang dipotong oleh pihak Kemenag,” jelasnya.

Untuk besaran anggaran hibah yang dikucurkan untuk pesantren dan sekolah swasta itu bukan jumlah yang sedikit melainkan mencapai miliaran. Karena anggarannya diperuntukkan se Kabupaten Pandeglang.

“Kalau jumlah pastinya lupa, akan tetapi besarannya itu mencapai miliaran dari APBD, tahunnya itu sekitar 2017 atau 2018 Anggaran miliaran itu harus disalurkan ke sekolah swasta se-Kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

Nina menegaskan kembali, bahwa kasus itu dugaannya berkaitan kucuran dana yang disampaikan ke pihak sekolah swasta tidak secara utuh sesuai besaran yang didapat.

“Jadi ada yang terpotong-potong katanya, tidak sampai semuanya. Harusnya semuanya, tapi ada kena potongan-potongan yang dipotong pihak Kemendag,” pungkasnya.

Ketika awak media mengkonfirmasi Kemenag Pandeglang, Kepala Kemenag Pandeglang sedang tidak ada di kantornya. Dan begitu juga dengan Kepala Seksi (Kasi) Madrasah Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kemenag Pandeglang, Agus Salim yang membidangi program tersebut sedang tidak ada diruang kerjanya. *[ TI ] ??