Bila Ada Politik Uang, BAWASLU SERANG: Tangkap Pelaku dan Bawa ke Polisi

SINARBANTEN, Serang – Dalam mengawasi jalannya pemilu yang bersih dan berintegritas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang mengajak kaum perempuan agar berpartisipasi dalam melakukan mengawasan terutama praktik politik uang.

Usai giat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 bagi Perempuan di Alun-alun Barat, Kota Serang, Komisioner Bawaslu Kota Serang Liah Culiah mengatakan, perempuan harus berani menolak money politik. Laporkan jika ada pelanggaran pemilu.

“Mereka nanti bisa bersinergi dengan Bawaslu, mereka bisa mendokumentasikan, menginformasikan, bahkan melaporkan praktik kotor itu,” ujar Lia, Minggu (7/4/2019).

Lia menambahkan, Apalagi di hari pencoblosan dengan banyaknya caleg dan lima surat suara kalau tidak ada yang mengawasi secara melekat sangat rentan apalagi money politik ini hukumannya pidana, semoga semua orang akan sadar hal ini.

Lia pun meminta, melihat identitas orang yang tidak dikenak ketika mendatangi rumah dengan maksud-maksud tertentu pada proses Pemilu 2019 ini.

“Politik uang itu akan mencederai proses pemilu kita. Termasuk pengawasan politik uang melalui rekening sebab saat ini banyak Milenial yang diminta datanya termasuk no rekening. Saya sudah menyelidiki dan masih mencari informasi itu,” pungkasnya.

Perlu diketahui, saat ini pemilih perempuan di Kota Serang hampir 40 persen. *[ AA ] ??