Mulai 2020, Pemkot Tangsel Naikkan Insentif Kader Kesehatan

SINARBANTEN.COM, Tangsel – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany di Serpong mengemukakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel menjanjikan akan menaikkan insentif kader kesehatan pada 2020 mendatang. Pada 2019 ini, pemerintah daerah sedang menyusun regulasinya. Demikian diungkapkan

“Tahun ini, penyusunan anggarannya sedang kami susun untuk kenaikan insentif kader kesehatan di 2020 dan untuk besarannya yang pasti sedang dalam kajian, namun insya Allah tahun 2020 ada kenaikan untuk kader kesehatan,” ujar Airin, Kamis (4/4/2019).

Kenaikan tersebut, jelasnya, sebagai tanda terima kasih Pemkot Tangsel, kerena posisi Dinas Kesehatan dalam RPJMD sudah terlampaui, namun ada satu yang belum, yakni berupa kematian melahirkan ibu dan anak yang seharusnya 1:1 ini masih ditemukan 1:2.

“Ini pekerjaan rumah (PR) kita semua, semakin sedikit yang meninggal semakin baik, apalah nilai laporan LKIP jika ini belum terwujud. Target tersebut, untuk menjadikan kita, agar lebih fokus, untuk mewujudkan 1:1 kematian saat melahirkan,“ ucapnya.

Tidak hanya mengajak para kader untuk mewujudkan kesehatan ibu hamil dan melahirkan, namun dalam kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan melalui bidang kesehatan masyarakat memberikan informasi sistem pelaporan kader.

“Dalam pelaporan bulan ini ada perubahan berdasarkan jumlah rumah dan kader, misalnya kadernya 6 orang dan rumahnya 300, jadi 300 dibagi dengan jumlah kader, berarti 1 kader, yakni 50 rumah, dibagi jumlah bulan per tahun, karena ini sudah bulan Maret, maka dibagi 10 bulan, sehingga satu bulan satu kader hanya mencatat atau mendatangi 5 rumah,” pungkasnya. *[ AA ] ??