Pertengahan April, Dishub Akan Uji Coba Sistem Satu Arah di Kota Serang

SINARBANTEN.COM, Serang
– Untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di kota Serang, Dinas Perhubungan (Dishub) akan mengadakan uji coba pengalihan rekayasa arus lalu lintas dengan sistem satu arah (SSA) di sejumlah ruas jalan di Kota Serang. Uji coba ini akan dilakukan selama tiga hari pada pertengahan April 2019.

Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Serang Indra Kurniawan mengatakan, “Iya, sudah rapat final. Kemarin sudah dibahas untuk kajiannya, bahwa hasilnya akan disepakati pada saat rapat forum Selasa (2/4/2019) mendatang.”

Dalam rapat disepakati sejumlah jalur yang akan uji coba dengan SSA, seperti dari Jalan KH Abdul Hadi satu arah, diteruskan menuju Jalan Yusuf Martadilaga (Yumaga) satu arah, kemudian kembali lagi ke Jalan KH Khotib satu arah. Dilanjut belok kanan ke Jalan Ahmad Yani satu arah dan belok lagi ke arah Jalan KH Sokhari satu arah.

Jika rapat pada Selasa (2/4/2019) nanti diperoleh kesepakatan dan putusan, uji coba SSA segera dilaksanakan. “Kami akan lakukan uji coba setelah rapat forum tersebut dilaksanakan. Kemudian, kami juga masih menelaah kajiannya dan turun langsung ke jalan-jalan tersebut,” ujarnya, Sabtu (31/3/2019).

Rencananya uji coba tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari. Untuk kemudian dilakukan evaluasi kembali untuk mengetahui efektivitas pemberlakuan SSA. “Jadi, nanti jalan mana saja yang lebih efektif dari sejumlah titik yang dikaji, untuk kemudian ditentukan,” ucapnya.

Pelaksanaan kajian tersebut merupakan yang ketiga kalinya selama dua bulan terakhir dan sudah mencapai hasil akhir. Rapat tersebut juga telah dibahas oleh unsur Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah (Polda), Polres Serang Kota, kemudian Dishub Provinsi Banten dan Kota Serang, serta Kementerian Perhubungan.

Sebelumnya, Dishub Kota Serang dan Provinsi Banten beserta seluruh unsur terkait yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas telah menyepakati SSA sebagai solusi menanggulangi kemacetan di Kota Serang.

“Kemarin sudah rapat bersama forum. Karena baru beres kajian dan ini rapat lanjutan. Kalau kami inginnya segera selesai di bulan ini. Jadi, sudah mulai bisa berjalan di bulan berikutnya,” tutur Kepala Seksi (Kasi) Bidang Lalu Lintas Pengawasan dan Pengendalian Dishub Kota Serang Bambang Riyadi.

Rekayasa pengalihan arus lalu lintas dengan sistem satu arah (SSA) ini akan disosialisasikan kepada masyarakat setelah rapat akhir kajian selesai dalam waktu dekat ini. *[ AM ] ??