Harga Sayuran di Kota Serang Naik Akibat Cuaca Buruk

SINARBANTEN.COM, Serang – Sejak sepekan yang lalu, jenis sayuran bawang putih, bawang merah, cabai merah, tomat, dan kol mengalami kenaikan di Pasar Induk Rau Kota Serang. Hal ini diduga akibat Cuaca buruk.

Menurut salah seorang pedagang sayuran di Pasar Rau, Juki (40), mengungkapkan, “Sejak minggu lalu harga sayuran sudah mengalami kenaikan, seperti cabai merah dari Rp20.000 menjadi Rp24.000 kenaikan berkisar Rp4.000 per kg.”

Juki Mengatakan, adanya kenaikan dari tingkat petani disebabkan karena cuaca buruk. Selain cabai merah harga sayuran lainnya juga mengalami kenaikan seperti tomat dari Rp8.000 menjadi Rp10.000, bawang putih dari Rp24.000 menjadi Rp32.000, kol dari Rp5.000 menjadi Rp6.000 per kg. Selebihnya harga sayuran lain masih stabil.

“Kenaikan memang dari sana dari petani, katanya karena memang cuaca buruk,” kata

Selain harga sayuran, pantauan di pasar Induk Rau harga daging ayam juga ikut naik.  Harga daging ayam dari Rp30.000 menjadi Rp34.000 kenaikan berkisar Rp4000 per kg. Untuk daging sapi dan kerbau harganya tetap stabil. Namun, diperkirakan menjelang ramadhan harga daging akan naik.

Sedangkan untuk harga sembako seperti minyak goreng turun harga dari Rp10.000 menjadi Rp9.000 penurunan berkisar Rp1.000 per liter.

Sulaiman (28) salah seorang warga yang tinggal Perumahan Taman Banten Lestari, Serang berharap agar harga sayuran bisa normal kembali. “Saya berharap harga sayuran itu turun, tetap stabil seperti sebelumnya,” harap Sulaiman.

Staf Dinas perdagangan dan Perindustrian (Disperindakop) Kota Serang Toro mengatakan, pasokan sayuran dari beberapa wilayah sedikit mengalami hambatan akibat cuaca buruk. Sehingga  harga sayuran mengalami kenaikan. Dengan adanya kenaikan tersebut mengakibatkan masyarakat mengeluh.

Salah satu upaya yang akan dilakukan, jelas Toro, pemerintah Kota Serang oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Serang akan menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok di pasar dengan melakukan operasi pasar. *[ HH ] ??