KEMENDIKBUD: Dana BOS Non-tunai Lebih Transparan

 

SINARBANTEN.COM, Serang- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengubah metode pemanfaatan memperluas transaksi non tunai terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Metode tersebut dinilai lebih transparan serta efisien.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang, Cahyono Purawiguna kepada Kabar Banten. Menurut dia, kebijakan ini merupakan perubahan pada model pembayaran, yang sebelumnya dibayar tunai ke penyedia jasa kini harus transfer melalui rekening.

“Kebijakan untuk mengubah transaksi dari tunai ke non tunai. Non tunai sebenarnya hanya cara penyampaian transaksinya, jadi tidak ada perubahan secara mendasar. Kebijakan kemendikbud ini untuk melakukan perluasan di sejumlah daerah, yang belum melakukan transaksi non tunai,” kata Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang, Cahyono Purawiguna, Rabu (21/11/2018).

Ia menjelaskan, sekolah yang berada di Kabupaten Serang sudah melaksanakan transaksi non tunai sejak 2016-2017. Adanya transaksi non tunai ini tidak hanya bermanfaat untuk transparansi. Dalam menggunakan dana BOS ini juga untuk kebutuhan di sekolah.

“Dalam transaksi non tunai ini ada kemudahan untuk melakukan transaksi. Dengan adanya dana BOS non tunai ini transparan dan efisien dalam menggunakan dana tersebut,” katanya.

Kemudahan dalam transaksi non tunai ini bendahara tidak perlu membawa uang secara tunai. Terlebih dirinya pun tak menemukan kendala saat program ini benar-benar diaplikasikan. “Mudah mudahan penggunaan anggaran bisa berjalan sesuai dengan peruntukannya,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika ditunjang dengan teknologi atau aplikasi, maka program tersebut akan sangat membantu. Alasannya, saat ini program tersebut belum bisa dilaksanakan sepenuhnya secara non tunai.

“100 persen tidak bisa non tunai, karena harus datang ke bank untuk transaksi. Jika ingin membeli suatu kebutuhan, kalau dengan penggunaan teknologi atau aplikasi sangat membantu dan waktu pun bisa lebih efisien,” katanya. *[HY] ??