MENAKER: Kompetensi SDM Mampu Turunkan Angka Pengangguran

SINARBANTEN.COM, Serang – Ketika berada di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Serang, Banten, Rabu (18/10/2023),
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan menyiapkan dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu cara untuk menurunkan angka pengangguran.

“Biasanya mereka tidak bisa masuk dunia usaha, dunia industri karena dia tidak memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri tersebut,” katanya Ida kepada wartawan.

Oleh karena itu, kata Ida, salah satu cara untuk menurunkan pengangguran adalah dengan menyiapkan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Ia mengatakan, angka pengangguran di Serang masih cukup tinggi, dan lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata nasional.

“Pengangguran di Serang cukup tinggi. Kalau pengangguran nasional kita kan sudah berada pada angka 5,4 persen. Sementara pengangguran di Serang sekitar 10 persen, kalau Banten sekitar delapan persen,” katanya.

Ida juga berharap dengan adanya Balai Pelatihan Vokasi ini dapat menurunkan pengangguran di Provinsi Banten ke depannya.*[ Redaksi SB ]